RENCANA KERJA ANGGARAN SEKOLAH SMP NEGERI 1 BUAHDUA
KABUPATEN SUMEDANG
TAHUN
ANGGARAN2019/2020
A.
ANALISIS LINGKUNGAN SEKOLAH
1.
Kondisi Lingkungan :
SMPN 1 Buahduamerupakan
SMPTertua di wilayah Kecamatan Buahdua yang didirikan pada Thuan 1950
Memiliki Tempat Strategis untuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Siswa,
Terjangkau oleh kendaraan umum dan Berada di jalan Protokol Ibu Kota kecamatan,emiliki
sarana dan Prasarana olah raga ,lapamg sepak bola, lapang volli, lapang basket
dan aula untuk melaksankan olahraga di dalam ruangan sepreti senam lantai dan tenis
meja.
2. Kondisi Geogrfis :
Lokasi
SMPN1 Buahdua berada
di wilayah utara kabupaten Sumedangperbatasan
dengan kabupaten indramayayu . Daerahnya
merupakan daerah pegunungan 800 m dari permukaan air,mayoritas
masyarakatnya bercocok tanam padi,selama tiga musim dalam satu tahun.
- Kondisi Ekonomi
Warga
masyarakat sekitar sekolah adalah warga masyarakat yang tingkat perekonomiannya menengah ke bawah,
kebanyakan bermata pencaharian bertani dan
buruh serabutan dengan
penghasilan yangtidak menentu , namun
kesadaran terhadap pendidikaan tinggi. Menurut data rekapitulasi
keluarga miskin dari kecamatan Buahdua tahun
2018.
Jika dirinci sumber penghasilan orang tua
siswa sbb :
a. Tani : 66,7 %
b. Wiraswasta : 14,7 %
c. PNS :3,4 %
a.
Karyawan Swasta :1,3 %
b.
Buruh Bangunan :11,0 %
c.
Pamomg Desa : 1,0 %
d.
TNI/POLRI : 0,7 %
e.
Sopir :2,2 %
- Kondisi keamanan
Warga
masyarakat masih membudayakan
siskamling, ronda setiap malam untuk menjaga keamanan, termasuk di SMP Negeri1 Buahdua juga ada 3penjaga sekolah untuk piket malam
- Kondisi Budaya dan Iptek.
SMPN 1 Buahdua dekat
dengan masyarakat religius yang senang beribadah, Siswa perempuan20 % berbusana muslim,Guru dan stap TU 100 % sudah memakai busana Muslim Adapun untuk kemajuan iptek di SMP N 1 Buahdua sudah memiliki komputer 10 set, TV untuk pendidikan 2 buah,dan TV untuk
Sarana informasi Guru dan TU 1 buah.
B. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI
1. Kondisi Pendidikan orangtua
:
Kebanyakan
orangtua dari siswa SMPN 1 Buahdua adalah tamatan SD,
Tetapi
juga ada orangtua siswa yang tamatan SMP, SLTA atau Sarjana namun jumlahnya sangat
sedikit.
- Kondisi Pendidikan di SMPN 1
Buahdua :
SMPN 1 BuahduaDidirikan sejak Tahun 1963 Merupakan sekolah tertua di
kecamatan Buahdua Tepat Nya Berada Di Desa Nagrak Kec.Buahdua Kabupaten
Sumedang,
Prestasi SMP N 1
Buahduacukup baik, sebagaimana dapat
dilihat pada hasil UN
tahun 2014/2015 rata-rata: 6,99dan untuk kelulusannya tahun 2018/2019mencapai 100 %. Hal ini karena
kerjasama yang baik dari semua warga sekolah dan orang tua siswa, serta dukungan dari lingkungan
setempat,komite sekolah dan Pemerintah. Untuk prestasi non akademik juga mulai meningkat, dengan sering menjadi juara dari tingkat Kabupaten dan Profinsi ,
Dukungan
pemerintah daerah dan profinsi terhadap dunia pendidikan cukup baik. Hal ini terbukti pada tahun 2015 digulirankan Bantuan Oprasional Sekolah
Kabupaten dan Profinsi serta bantuan Buku Pelajaran walaupun belum semua mata
pelajaran..
C. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG (1
TAHUN KE DEPAN)
Dengan
memperhatikan kondisi pendidikan yang
ada di SMP Negeri 1 Buahdua saat ini dan kondisi lingkungan yang telah
diuraikan di atas, ada peluang bahwa pendidikan di SMP Negeri 1 Buahdua untuk masa mendatang ada harapaan
lebih maju .Hal ini terlihat dari bertambahnya jumlah
siswa setiap tahun serta prestasi yang diraih dari tahun ke tahun meningkat terus baik prestasi akademik
maupun nonakademik.
Adapun kondisi yang diinginkan oleh SMP N 1 Buahdua adalah sebagai berikut :
1.Standar
Kompetensi Lulusan :
Mampu
meluluskan 100 %, yang melanjutkan ke
sekolah yang lebih tinggi meningkat, prestasi
akademik dan non akademik meningkat
dapat memenangkan lomba tingkat provinsi. Lulusan SMP
Negeri 1 Buahdua sesuai dengan visi sekolah
2.Standar
Isi :
Meningkatkan KKM dari 6,75 menjadi 7,0, Pemetaan
tiap mapel, KTSP,
dan Silabus tiap mapel. Setiap guru memiliki
Prota, Promes, SK Mengajar sesuai dengan jurusannya.
Dan keterampilan yang dimil;ikinya.
3.Standar
Proses Pembelajaran :
Setiap guru
memiliki administrasi lengkap (RPP,KKM, Prota, Promes, kalender akademik, jadwal pelajaran, media
pembelajaran, nilai, analisis nilai dan program Remidi dan Pengayaan) yang
dibukukan.Disamping pembelajaran kurikuler juga terlaksananya pengembangan diri/ekstra
kurikulerpada sore hari sesuai dengan bakat dan minat siswa.
4.Standar
Tenaga Pendidik/Kependidikan :
Guru memiliki
ijazah yang sesuai (S1) bahkan S2 dan yang belum
S1 Diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan S1,,mengikuti diklat,mampu
mengoperasikan komputer/laptop.
Tenaga Kependidikan minimal lulusan SMA atau sederajat dan bisa mengoperasikan
komputer/laptop dan
alat lainnya, serta memiliki dedikasi yang tinggi terhadap tugas dan sekolahan.
5.Standar
Sarana dan Prasarana :
Sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai: R.
Guru dan TU yang memadai Ruang
Kepala Sekolah yang memadai, Lab. IPA yang lengkap, R.
Perpustakaan yang lengkap, mebeler yang mencukupi, listrik minimal 2300 W. R. Komputer (
untuk anak 15,Untuk TU 2, untuk guru 1,dan Kepala
Sekolah 1 laptop. , sarana
seni dan olahraga yang lengkap lengkap. Saluran air bersih yanglancar, penghijauan di lapangan upacara dan depan dan
belakang sekolah serta sekitar kelas agar terasa sejukdan tidak panas diwaktu
musim kemarau.
6.Standar
Pengelola/manajemen Sekolah :
SMP Negeri 1
Buahdua telah terakreditasi dengan nilaiA ,memiliki
RKAS-1 dan RKAS-2,
Dokumentasi kegiatan sekolah, struktur
Organisasi sekolah dan Peta Jabatan serta mekanisme kerjanya, Perangkat dan pelaksanaan
Supervisi , Kerjasama dengan masyarakat ( SK Komite Sekolah, Program kerja
komite sekolah).
7.Standar
Pembiayaan :
Pengelolaan dana BOS, , Dana komite sekolah
dan dana lain yang transparan dan akuntabel.
8.Standar
Penilaian :
Setiap guru dapat membuat kisi-kisi dan soal
ulangan harian, ulangan tengah semester,ulangan
akhir semesteran, ujian sekolah. Setiap guru dapat membuat
analisis Penilaian hasil ulangan dan
butir soal, setiap guru dapat membuat
dan melaksakan progran remidi dan pengayaan.
D.
IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU (1) TAHUN
Berdasarkan pada analisis situasi, baik
internal maupun eksternal sekolah, dan analisis kondisi sekolah sekarang dan yang
diharapkan masa datang (Satu tahun ke depan), maka dapat diketahui kesenjangan
yang terjadi.
No.
|
Kondisi pendidikan saat ini
|
Kondisi pendidikan masa datang
(1
tahun)
|
Besarnya tantangan nyata
|
1.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
|
A
|
Bidang akademik:
|
||
-
Rata2 pencapaian KKM semua mapel 6,75
-
Rata2pencapaian NUN 6,99
-
Tidak masuk pinalis LCTM
Tk Kabupaten
- Masuk juara 3 Story
Teling
Bahasa Inggris Tk.
Kab.
-
OSN
Matematika Juara 3
-
OSN
IPA dan IPS belum masuk10 Besar
|
-
Rata2 pencapaian KKM semua mapel 7,00
-
Rata2pencapaian NUN 7,00
-
Masuk pinalis
-
-
Memperoleh juara 2 Story Teling
-
Masuk Juara 2
-
Masuk 10 Besar
|
0,25
0,01
1 tingkat
1 tingkat
1 tingkat
|
|
B
|
Bidang non akademik:
|
||
-
Perolehan juara 3 MTQ pada tk Wilayah
1
-
Perolehan juara umum PMR ti
ngkat kab/kota.
-
Perolehahan
juara 3 Putri Pencak silat Tk . Kab.
-
Perolehan
juara Putra Pencak silat Tk. Kab..Belum Masuk
-
Perolehan
juara 3 Pidato dan juara 3 Baca Puisi Bahasa Sunda Tk. Kab.
-
Menjadi
utusan JUMBARA PMR Tk. Jawa Barat
-
Tidak
Memperoleh juara Bola Poli Putri Tk. Kab.
-
Tidak
memperoleh kejuaraan Bola voli Putra Tk. Kab.
|
-
Perolehan juara 1 MTQ pada tk Wilayah 1
-
Perolehan juara 1 PMR
pada tk provinsi.
-
Perolehan juara 2 Putri
Pencak Silat Tk. Kab.
-
Perolehan juara Putra Pencak
silat Tk. Kab.
-
Perolehan juara 2 Pidato
dan juara 2 baca puisi Bahasa Sunda Tk. Kab.
-
Menjadi utusan JUMBARA PMR
Tk. Nasional
-
Memperoleh
juara Bola Poli Putri Tk. Kab.
-
Perolehan
juara putra Tk. Kab
|
1 tingkat
1 tingkat
1 tingkat
1 Tingkat
1 Tingkat
1 Tingkat
1 Tingkat
1 Tingkat
|
|
c
|
Kelulusan:
|
||
-
Jumlah kelulusan 100%
|
-
Jumlah kelulusan 100%
|
Tetap
|
|
D
|
Melanjutkan studi:
|
||
-
Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 60%
|
- Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke
jenjang lebih tinggi 70 %
|
10%
|
|
2
|
Standar Isi
|
Standar Isi
|
|
a
|
Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):
|
||
Tersusun Buku KTSP 100%
|
Tersusun
Buku KTSP 100%
|
-
|
|
b
|
Silabus:
|
Silabus:
|
|
- Tersusun silabus semua
mapel semua kelas
|
- Tersusun silabus semua mapel semua
kelas
|
-
|
|
c
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):
|
||
-
Tersusun RPP : 100 % dari semua mapel semua kelas
|
-
Tersusun RPP : 100% dari semua mapel semua kelas
|
-
|
|
3.
|
Standar Proses
|
Standar Proses
|
|
a
|
Persiapan pembelajaran:
|
Persiapan pembelajaran:
|
|
-
Kepemilikan silabus oleh guru: 100 % memiliki
-
Kepemilikan RPP oleh guru: 80 % memiliki
-
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 80 %
-
Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap
karakteristik siswa: 50%
|
-
Kepemilikan silabus oleh guru: 100% memiliki
-
Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki
-
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 100%
-
Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap
karakteristik siswa: 100%
|
-
-
20%
|
|
b
|
Persyaratan Pembelajaran
|
||
-
Jumlah siswa per rombel:36 anak 18 rombel
-
Beban mengajar guru: 20jam/minggu
-
Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 2:1
-
Pengelolaan kelas: 75%
|
-
Jumlah siswa per rombel: 38 anak 18 rombel
-
Beban mengajar guru: 24 jam/minggu
-
Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 1:1
-
Pengelolaan kelas: 85%
|
Penambahan 2 siswa/ rombel penambahan 1
rombel
Penambahan 4 jam /minggu
Penambahan 1 buku /siswa
5%
|
|
c
|
Pelaksanaan pembelajaran:
|
Pelaksanaan pembelajaran:
|
|
-
Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas : 80 %
-
Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratif, dan
konformatif: 25%
-
Penerapan CTL: 40%
-
Penerapan pembelajaran tuntas: 60 %
-
Penerapan PAIKEM GEMBROT/PAKEM: 50%
-
Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 25%
-
Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 80%
|
-
Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 85%
-
Cakupan penerapan prin sip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratif,
dan konformatif: 40%
-
Penerapan CTL: 55%
-
Penerapan pembelajaran tuntas: 70%
-
PenerapanPAIKEM GEMBROT /PAKEM: 60%
-
Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 50%
-
Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 85%
|
5 %
15 %
15 %
10 %
10 %
25 %
5%
|
|
d
|
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:
|
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:
|
|
-
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 80%
-
Variasi model penilaian: 1 model
-
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual
-
Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 1 manfaat
|
- Pengembangan instrumen penilaian hasil
belajar: 85%
-
Variasi model penilaian: 2 model
-
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual dan 1 jenis berbasis
TIK
-
Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 2 manfaat
|
5%
1 model
1 jenis ber basis TIK
1 kemanfaatan/tindak lanjut
|
|
e
|
Pengawasan proses pembelajaran:
|
Pengawasan proses pembelajaran:
|
|
-
Cakupan kegiatan peman tauan pembelajaran: 60%
-
Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 80 %
-
Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 80%
-
Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 80%
-
Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 80%
|
-
Cakupan kegiatan peman- tauan pembelajaran: 70%
-
Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 85%
-
Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 85%
-
Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 85%
-
Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 85%
|
10 %
5 %
5 %
5 %
5%
|
|
4
|
StandarTenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
|
StandarTenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
|
|
a
|
Kepala sekolah:
|
||
-
Diklat Teknis Kepala
SekolahTk. Nasional 2 X
-
Belum Pelatihan Kepegawaian
baggi tenaga TU
-
Pelatihan Perpajakan 1 x
-
Lesson Study baru 2 mapel
-
Pelatihan manajerial sekolah (MBS) 1 kali
-
Belum pelatihan kewirausahaan
-
Pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah 1 kali
-
Pelatihan administrasi persekolahan 1 kali
-
Pelatihan KTSP 1 kali
|
-
Minimal 2 X
-
Minimal 1 X
-
Tiap tahun 1 X
-
4 Mata Pelajaran yang di=
UN-kan
-
Minimal 2 X
-
pelatihan kewirausahaan min. 1 kali
-
pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah min. 2 kali
-
pelatihan administrasi persekolahan min. 2 kali
-
Pelatihan KTSP min 2 kali
|
Periodik
1 kali
periodik
2MAPEL
1 kali
1 kali
1 kali
1 kali
1 Kali
|
|
B
|
Guru: (bersifat rata-rata)
|
Guru: (bersifat rata-rata)
|
|
-
Jumlah guru keseluruhan: 28 orang
-
Jumlah guru TIK: - orang
-
Jumlah guru PLH; - 0rang
-
Pelatihan CTL: 40 %
-
Pelatihan Lesson Stdy ;0,21 %
-
Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 80%
-
Pelatihan TIK: 29%
-
Pelatihan KTSP: 39 %
-
Pelatihan PAIKEM/PAKEM: 20%
-
Jumlah guru S1/D4: 100 %
-
Jumlah guru bersertifikasi profesi: 58%
-
Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop: 30 %
|
-
Jumlah guru keseluruhan sesuai kebutuhan : 27
-
Jumlah guru TIK: 2 orang
-
Jumlah guru PLH : 2 orang
-
Pelatihan CTL :50 %
-
Pelatihan Lesson Stdy :40 %
Pelatihan Penilaian dan evaluasi pembelajaran :100%
-
Pelatihan TIK: 50%
-
Pelatihan KTSP: 50%
-
Pelatihan PAIKEM/PAKEM: 40%
-
Jumlah guru S1/D4: 100%
-
Jumlah guru bersertifikasi profesi: 70 %
-
Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop: 47%
-
Diklat Lesson Study:29,41 %
|
Pengurangan1orang
Penambahan2
Penambahan239,79%
20 %
50 %
21 %
11%
-
3 %
17%
|
|
c
|
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan, dll:
(bersifat rata-rata)
|
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan, dll:
(bersifat rata-rata)
|
|
-
Jumlah tenaga TU: 8 orang
-
Pelatihan TIK: -%
-
Pelatihan bahasa Inggris : - %
-
Pelatihan bidangnya: 60%
-
Pelatihan manajemen sesuai bidangnya:60%
-
Petugas Lab. IPA: 1 orang
-
Petugas Perpustakaan 1 orang
|
-
Jumlah tenaga TU: 10orang
-
Pelatihan TIK: 100%
-
Pelatihan bahasa Inggris: 10%
-
Pelatihan bidangnya: 70%
-
Pelatihan manajemen sesuai bidangnya: 70%
-
Jumlah laboran IPA: 1 orang
-
Pustakawan 1 orang
|
2 orang
100%
10%
10%
10%
1 orang
1 orang
|
|
5
|
Standar Sarana dan Prasarana
|
Standar Sarana dan Prasarana
|
|
a
|
Sarana dan Prasarana Minimal
|
Sarana dan Prasarana Minimal
|
|
-
Ruang kepala sekolah: 12 m2
-
Ruang wakil KS belum ada
-
Mebeler ( meja / kursi ) siswalayak pakai 60%
-
Ruang Lab. IPA: 1 buah
-
Ruang guru: tidak standar (< 4m2 / guru)
-
Gudang: tidak ada
-
Ruang UKS tidak standar
-
Ruang BP tidak Standar
|
-
Ruang kepala sekolah: min. 12 m2
-
Ruang wakil KS ada dan sesuai staandar
-
Mebeler ( meja / kursi ) siswa layak pakai 80 %
-
Ruang Lab. IPA: 1 buah
-
Ruang guru: standar (< 4m2 /
guru)
-
Gudang: ada
-
Ruang UKS : standar
-
Ruang BP standar
|
Terbangun
R. KS standar
Terbangun
R WK KS
Pengadaan
mebeler siswa 20%
Terbangu
n R. Gr.guru standar
Terbangun
1 gudang
Rehab
dan melengkapi R UKS.
Rehab
dan melengkapi
R.
BP
|
|
B
|
Sarana dan Prasarana Lainnya
|
Sarana dan Prasarana Lainnya
|
|
-
Ruang Lab.
Komputer 1 buah
-
Belum
Lengkap peralatan Ruang Multi Media
-
Tempat parkir belum layak
-
WC siswa
kurang
|
-
Ruang Lab.
Komputer 1 buah
- Melengkapi
peralatan Ruang Multi Media
-
Tempat parkir yang layak
-
WC siswa yang
mencukupi
|
Terbangun 1 R Lab Komputer
Ruang Multi Media
yang Lengkap
Tersedia Tempat
parkiryang layak
WC yg cukup
|
|
c
|
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian
|
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian
|
|
-
Daya listrik rendah (2300W)
-
Komputer Guru -
-
Komputer TU 2 buah
-
Komputer perpustakaan belum ada
-
Jaringan
internet belum ada
-
Sarana olah raga 50%
|
Daya listrik ³3200W
-
Komputer Guru: 2 buah
-
Komputer TU 3 buah
-
Komputer perpustakaan 1 buah
-
Pemasangan
Jaringan internet
-
Sarana olah
raga 62,5%
|
900W
2 buah
1 buah
1 buah
1 buah
12,5 %
|
|
6.
|
Standar Pengelolaan
|
Standar
Pengelolaan
|
|
a
|
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan
rencana kerja/kegiatan:
|
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan
rencana kerja/kegiatan:
|
|
-
Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): 80%
-
Dokumen PSB: 90%
-
Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 80%
-
Dokumen tata tertib sekolah: 80%
-
Dokumen kode etik sekolah belum ada
-
Dokumen penugasan guru: 80%
-
Dokumen administrasi sekolah lainnya: 80%
|
-
Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): 85%
-
Dokumen PSB: 92,5%
-
Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 85%
-
Dokumen tata tertib sekolah: 85%
-
Dokumen kode etik sekolah lengkap
-
Dokumen penugasan guru: 85%
-
Dokumen administrasi sekolah lainnya: 85%
|
5%
2,5%
5%
5%
Membuat dokumen kode etik sekolah
5%
5%
|
|
b
|
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:
|
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:
|
|
-
Struktur organisasi: 90 % lengkap
-
Dokumen pembagian tugas/ kewenangan/tupoksi: 90%
-
Dokumen mekanisme fungsi/ tugas organisasi: 80%
|
-
Struktur organisasi: 92,5% lengkap
-
Dokumen pembagian tugas/ kewenangan/tupoksi: 92,5%
-
Dokumen mekanisme fungsi/ tugas organisasi: 85%
|
2,5 %
2,5%
5%
|
|
c
|
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan
akreditasi sekolah:
|
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan
akreditasi:
|
|
-
Tim khusus 90 %
-
Instrumen suvervisi 90 %
-
Instrumen monitoring 60 %
-
Instrumen evaluasi 80 %
-
Instrumen akreditasi 80 %
-
Pelaporan supervisi 80 %
-
Pelaporan monitoring 60 %
-
Pelaporan evaluasi 80 %
-
Pelaporan akreditasi internal
80 %
-
Pendokumentasian : 80 %
-
Tindak lanjut: 80%
|
-
Ada tim khusus: 92,5%
-
Ada instrumen supervisi: 92,5%
-
Ada instrumen monitoring: 70%
-
Ada instrumen evaluasi: 85%
-
Ada instrumen akreditasi: 85%
-
Ada pelaporan supervisi: 85%
-
Ada pelaporan monitoring: 70%
-
Ada pelaporan evaluasi: 85%
-
Ada pelaporan akreditasi internal: 85%
-
Pendokumentasian : 85%
-
Tindak lanjut: 85%
|
2,5 %
2,5 %
10 %
5 %
5 %
5 %
10 %
5 %
5 %
5 %
5 %
|
|
d
|
Kemitraan dan peranserta masyarakat:
|
Kemitraan dan peranserta masyarakat:
|
|
-
Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 90%
-
Dokumen program kerja komite sekolah: 80%
-
Kepengurusan komite sekolah: 80% lengkap
-
Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 1instansi
-
Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswatidak ada
|
-
Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 92,5%
-
Dokumen program kerja komite sekolah: 85%
-
Kepengurusan komite sekolah: 85% lengkap
-
Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 2 instansi
-
Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa 5.000
rupiah/bulan/siswa
|
2,5%
5%
5%
1 instansi
5.000,-
rupiah/ bulan / siswa
|
|
7.
|
StandarKeuangan dan Pembiayaan
|
StandarKeuangan dan Pembiayaan
|
|
a
|
Sumber dana: 1 buah
|
Sumber dana: minimal 2 buah
|
Minimal 1
|
b
|
Pengalokasian dana: 4 SNP
|
Pengalikasian dana: minimal 8 SNP
|
4 atau lebih
|
c
|
Penggunaandana:90 % benar
|
Penggunaan dana: 92,5% benar
|
2,5 %
|
d
|
Pelaporan penggunaan dana: 90 %
|
Pelaporan penggunaan dana: 92,5%
|
2,5 %
|
e
|
Dokumen pendukung pelaporan: 80%
|
Dokumen pendukung pelaporan: 85%
|
5 %
|
f
|
Dll
|
Dll
|
|
8.
|
Standar
Penilaian Pendidikan:
|
Standar
Penilaian Pendidikan:
|
|
a
|
Frekuensi ulangan harian oleh guru: 80 %
|
Frekuensi ulangan harian oleh guru: 85%
|
5 %
|
b
|
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh
guru: 80 %
|
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh
guru: 85%
|
5 %
|
C
|
Cakupan materi ulangan akhir semester yang
dilakukan sekolah: 80%
|
Cakupan materi ulangan akhir semester yang
dilakukan sekolah: 85%
|
5 %
|
D
|
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh
sekolah: 80%
|
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh
sekolah: 85%
|
5 %
|
E
|
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan
guru dalam pembelajaran: 80%
|
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan
guru dalam pembelajaran: 85%
|
5 %
|
F
|
Instrumen yang dikembangkan guru untuk
ulangan harian: 80%
|
Instrumen yang dikembangkan guru untuk
ulangan harian: 85%
|
5 %
|
G
|
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah
untuk ulangan akhir semester: 80%
|
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah
untuk ulangan akhir semester: 85%
|
5 %
|
H
|
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah
untuk ulangan kenikan kelas: 80%
|
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah
untuk ulangan kenikan kelas: 85%
|
5 %
|
J
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan
oleh guru: 80% terpenuhi
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan
oleh guru: 90% terpenuhi
|
10 %
|
K
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan
oleh sekolah: 80% terpenuhi
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan
oleh sekolah: 85% terpenuhi
|
5 %
|
9
|
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
|
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
|
|
A
|
Pengembangan budaya bersih: 40%
|
Pengembangan budaya bersih: 65%
|
25%
|
b
|
Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah,
rindang, sejuk, dll (tamanisasi): 50 %
|
Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah,
rindang, sejuk, dll (tamanisasi): 65%
|
15 %
|
c
|
Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi: 80%
|
Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi: 85%
|
5%
|
d
|
Penciptaan budaya tata krama “in action”:
80%
|
Penciptaan budaya tata krama “in action”:
85%
|
5%
|
e
|
Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain
relevan: 1 lembaga
|
Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain
relevan: 2 lembaga
|
1 lembaga
|
f
|
Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan,
dll: 1 lomba
|
Pengembangan lomba-lomba kebersihan,
kesehatan, dll: 2 lomba
|
1 jenis lomba
|
E.
TUJUAN SITUASIONAL/SASARAN
Tujuan :
1.
Meningkatkan Rata2 pencapaian KKM semua mapel
2.
Meningkatkan Rata2pencapaian nilai UN
3.
Meningkatkan Rerata
Nilai Ujian Sekolah
4.
Mencapai kejuaraan bidang akademik melalui bimbingan Olimpiade Sains dan Bahasa Inggris
5.
Mencapai kejuaraan bidang non akademik melalui bimbingan lomba bidang
keagamaan
6.
Meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi
7. Menyusun Buku KTSP
8.
Menyusun silabus semua mapel sesuai kondisi sekolah seluruh kelas
9.
Menyusun RPP semua mapel sesuai kondisi sekolah seluruh kelas
10. MelengkapiKepemilikan sumber belajar/bahan
ajar:
11. Menyempurnakan Penerapan CTL melalui workshop
CTL:
12. Mengirimkan guru mengikuti pelatihan/workshop
CTL dan sejenisnya
13. Pengembangan instrumen penilaian hasil
belajar
14. Melaksanakan kegiatan pemantauan
pembelajaran:
15. Meningkatkan kemampuan managerial bagi kepala
sekolah, kepala urusan dan penanggungjawab laboratorium melalui pelatihan
16. Meningkatkan kompetensi guru melalui
pelatihan pembelaaran berbasis TIK
17. Meningkatkan kompetensi tata usaha melalui
pelatihan komputer
18. Pemenuhan sarana dan prasarana minimal
melalui pengadaan media pembelajaran LCD
19. Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya
melalui pengadaan alat Faximili
20. Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan
penilaian melalui
pengadaan komputer ruang guru
21. Mengembangkan program sekolah melalui pembuatan RKAS-1 dan RKAS
22. Penyusunan Struktur organisasi sekolah
beserta tupoksi
23. Penyusunan program kerja urusan kurikulum,
kesiswaan, humas dan sarana prasarana
24. Optimalisasi kegiatan supervisi sekolah
25. Meningkatkan peran serta masyarakat dan
kemitraan melalui pembentukan pengurus alumni SMP N 1
Buahdua
26. Meningkatkan sumber dana pendidikan
27. Meningkatkan kemampuan bendahara sekolah dalam penggunaan, dan
pengalokasian dana serta pelaporannya
28. Meningkatan frekuensi ulangan harian
29. Meningkatan pelaksanaan UTS
30. Mengembangan materi UAS
31. Mengembangan materi ulangan kenaikan kelas
32. Mengembangkan teknik-teknik penilaian kelas
33. Mengembangkan instruman ulangan harian
34. Mengembangkan instrumen ulangan kenaikan
kelas
35. Mengembangkan instrumen UTS
36. Mengembangkan
instrumen UAS
37. Mengembangkan mekanisme dan prosedur
penilaian guru
38. Mengembangkan mekanisme dan prosedur
penilaian oleh sekolah
39. Pengembangan Budaya dan Lingkungan
Sekolah
40. Pengembangan budaya bersih:
41. Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll
(tamanisasi):
42. Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi:
43. Penciptaan budaya tata krama “in action”:
44. Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan:
45. Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan,
46. Apresiasi seni budaya
F.
IDENTIFIKASI URUSAN-URUSAN SEKOLAH DALAM
MENCAPAI SETIAP
SASARAN
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut:
1.
Internal:
a.
Kepala sekolah
b.
Guru
c.
Nara sumber
d.
Fasilitas komputer
e.
Kurikulum
f.
Dana
g.
ATK
h.
Tenaga administrasi
2.
Eksternal:
a.
Dana
b.
Komite sekolah
c.
Dinas pendidikan
d.
Instansi terkait
e.
Alumni
G.
ANALISIS SWOT
1. Analisis SWOT
pada Sasaran ke-1 sampai dengan sasaran 3
a.
Meningkatkan
Rata2 pencapaian KKM semua mapel
b.
Meningkatkan Rata2pencapaian
NUN
c.
Meningkatkan
Rerata Nilai Ujian Sekolah
Komponen/Fungsi dan
Faktornya
|
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan
Faktor
|
|
Siap
|
Tidak Siap
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
A. INTERNAL
|
||||
1. Kepala Sekolah
2. Guru
3. Fasilitas
|
Komitmen tinggi pada
peningkatan proses belajar
Komitmen tinggi pada
peningkatan hasil belajar
Komitmen tinggi pada peningkatan mutu
Kualifikasi 100% S1
Sesuai bidang studi 100%
Pengalaman pelatihan CTL min.3 kali
Pengalaman mengajar min. 5 thn
Guru yang mengajar dengan
pendekatan CTL 100%
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
|
Komitmen tinggi pada
peningkatan proses belajar
Komitmen tinggi pada
peningkatan hasil belajar
Komitmen tinggi pada peningkt mutu
Kualifikasi 100% S1
Sesuai bidang studi 85%
Pengalaman pelatihan CTL min.3
kali
Pengalaman mengajar min. 5 thn
Guru yang mengajar dengan
pendekatan CTL 25%
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
|
V
V
V
V
V
V
|
V
V
|
B.
EKSTERNAL
|
||||
1. Dinas Terkait
2. Sumber Dana
3. Partisipasi masyarakat
|
Frekuensi dan kualitas diklat
peningkatan mutu guru tinggi
Tersedia sumber dana yang
memadai
Mendukung
|
Frekuensi dan kualitas diklat
peningkatan mutu guru sedang
BelumTersedia sumber dana yang memadai
Kurang mendukung
|
V
V
|
V
|
2.
Analisis SWOT pada sasaran 4 : Mencapai kejuaraan bidang akademik melalui bimbingan
Olimpiade Sains dan Bahasa Inggris
Komponen/Fungsi dan
Faktornya
|
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan
Faktor
|
|
Siap
|
Tidak Siap
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
A. INTERNAL
|
||||
1. Kepala Sekolah
2. Guru Pembimbing
3. Fasilitas
4. Bahan Bimbingan
|
Komitmen tinggi pada
peningkatan prestasi akademik
Memiliki kompetensi memadai
sesuai bidangnya
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
Bahan bimbingan lengkap
|
Komitmen tinggi pada
peningkatan prestasi akademik
Memiliki kompetensi memadai
sesuai bidangnya
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
Bahan bimbingan sedang
|
V
V
V
V
|
|
B. EKSTERNAL
|
||||
1. Dinas Terkait
2. Sumber Dana
3. Partisipasi masyarakat
|
Frekuensi dan kualitas lomba
berkala dan kontinyu
Tersedia sumber dana yang
memadai
Mendukung
|
Frekuensi dan kualitas lomba berkala
dan kontinyu
Belum
Tersedia sumber dana yang
memadai
Kurang mendukung
|
V
V
V
|
3.
Analisis SWOT pada sasaran 5 : Mencapai kejuaraan bidang non akademik melalui
bimbingan lomba bidang keagamaan
Komponen/Fungsi dan
Faktornya
|
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan
Faktor
|
|
Siap
|
Tidak Siap
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
A. INTERNAL
|
||||
1. Kepala Sekolah
2. Guru Pembimbing
3. Fasilitas
4. Bahan Bimbingan
|
Komitmen tinggi pada
peningkatan prestasi non akademik
Memiliki kompetensi memadai
sesuai bidangnya
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
Bahan bimbingan lengkap
|
Komitmen tinggi pada
peningkatan prestasi non akademik
Memiliki kompetensi memadai
sesuai bidangnya
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
Bahan bimbingan sedang
|
V
V
V
V
|
|
B. EKSTERNAL
|
||||
1. Dinas Terkait
2. Sumber Dana
3. Partisipasi masyarakat
|
Frekuensi dan kualitas lomba
berkala dan kontinyu
Tersedia sumber dana yang
memadai
Mendukung
|
Frekuensi dan kualitas lomba
berkala dan kontinyu
BelumTersedia sumber dana yang memadai
Kurang mendukung
|
V
V
V
|
- Analisis SWOT pada sasaran 6 : Meningkatkan jumlah lulusan yang
melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi
Komponen/Fungsi dan
Faktornya
|
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan
Faktor
|
|
Siap
|
Tidak Siap
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
A. INTERNAL
|
||||
1. Kepala Sekolah
2. Guru Bimbingan
3. Siswa
4.Fasilitas
4.
Fasilitas
SiFasilitas
|
Komitmen tinggi pada peningkatan
out come lulusan
Kualifikasi 100% S1
Komitmen tinggi
pada peningkatan out come lulusan
Motivasi tinggi
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
|
Komitmen tinggi pada
peningkatan out come lulusan
Kualifikasi 100% S1
Komitmen tinggi
pada peningkatan out come lulusan
Motivasi sedang
Adanya fasilitas komputer
tetapi print belum siap pakai
|
V
V
V
V
V
|
|
EKSTERNAL
|
||||
1. Dinas Terkait
2. Sumber Dana
3. Partisipasi masyarakat
|
Penyediaan sekolah sesuai
kebutuhan
Tersedia sumber dana yang
memadai
Mendukung
|
Penyediaan sekolah sesuai
kebutuhan
Tersedia sumber dana tetepi
belum memadai Kurang
mendukung
|
V
V
V
|
- Analisis SWOT pada sasaran : 7 sampai dengan 9 :
a. Menyusun Buku KTSP
b. Menyusun silabus semua
mapel sesuai kondisi sekolah
seluruh kelas
c. Menyusun RPP semua
mapel sesuai kondisi sekolah
seluruh kelas
Komponen/Fungsi dan Faktornya
|
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan Faktor
|
|
Siap
|
Tidak Siap
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
A. INTERNAL
|
||||
1. Guru
2. Nara Sumber
3. Fasilitas
|
Terlibat dalam penyusunan KTSP :100%
Memahami KTSP : 100%
Melaksanakan KTSP : 100%
Pengalaman Diklat/Workshop penyusunan
KTSP minimal 3 kali
Adanya narasumber
dari sekolah minimal 5 orang.
Adanya fasilitas computer lengkap dan
ATK
|
Terlibat dalam penyusunan KTSP: 45%
Memahami KTSP : 60%
Melaksanakan KTSP : 60%
Pengalaman Diklat/Workshop penyusunan
KTSP: 1kali
Narasumber di sekolah hanya 1 orang
Adanya fasilitas computer lengkap dan
ATK
|
V
V
V
|
V
V
V
|
B. EKSTERNAL
|
||||
1. Dinas terkait
2. Dana
|
Frekuensi dan
kualitas diklat penyusunan KTSP tinggi
Tersedia sumber dana
|
Frekuensi dan
kualitas diklat penyusunan KTSP sedang
Tersedia sumber dana
|
V
|
V
|
- Analisis SWOT pada sasaran 10 sampai 14
a. MelengkapiKepemilikan sumber belajar/bahan ajar
b. Menyempurnakan Penerapan CTL melalui workshop CTL:
c. Mengirimkan guru mengikuti pelatihan/workshop CTL dan sejenisnya
d. Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar
e. Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran
Komponen/Fungsi dan
Faktornya
|
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan
Faktor
|
|
Siap
|
Tidak Siap
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
A. INTERNAL
|
||||
1. Guru
2. Nara Sumber
3. Fasilitas
|
Kualifikasi 100% S1
Sesuai bidang studi 100%
Pengalaman pelatihan CTL min.3 kali
Pengalaman
mengajar min. 5 thn
Guru yang mengajar dengan
pendekatan CTL 100%
Adanya nara sumber dari sekolah
minimal 5 orang
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
Fasilitas sumber belajar
lengkap 100 %
|
Kualifikasi 87% S1
Sesuai bidang studi 85%
Pengalaman pelatihan CTL min.3 kali
Pengalaman mengajar min. 5 thn
Guru yang mengajar dengan
pendekatan CTL 25%
Adanya nara sumber dari sekolah
hanya 1 orang
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
Fasilitas sumber belajar
lengkap 65%
|
V
V
V
V
V
|
V
V
V
|
B. EKSTERNAL
|
||||
1. Dinas Terkait
2. Sumber Dana
3. Nara Sumber
4. Partisipasi masyarakat
|
Frekuensi dan kualitas diklat peningkatan
mutu guru tinggi
Tersedia sumber dana yang
memadai
Tersedia nara
sumber yang kompeten
Mendukung
|
Frekuensi dan kualitas diklat
peningkatan mutu guru sedang
Belum Tersedia sumber dana yang memadai
Tersedia nara sumber yang
kompeten
Kurang mendukung
|
V
V
V
|
- Analisis SWOT pada sasaran 15 sampai dengan 17
a.
Meningkatkan kemampuan managerial bagi kepala sekolah, kepala urusan dan
penanggungjawab laboratorium melalui pelatihan
b.
Meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan pembelaaran berbasis TIK
c.
Meningkatkan kompetensi tata usaha melalui pelatihan komputer
Komponen/Fungsi dan
Faktornya
|
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan
Faktor
|
|
Siap
|
Tidak Siap
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
A. INTERNAL
|
||||
1. Kepala Sekolah, Guru dan TU
2. Nara Sumber
3. Fasilitas
|
Kualifikasi 100% S1
Pengalaman pelatihan TIK min.3 kali
Adanya nara sumber dari sekolah
minimal 5 orang
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
|
Kualifikasi 87% S1
Pengalaman pelatihan TIKmin.1 kali
Adanya nara sumber dari sekolah
tidak ada
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
|
V
|
V
V
V
|
B. EKSTERNAL
|
||||
1. Dinas Terkait
2. Sumber Dana
3. Nara Sumber
4. Partisipasi masyarakat
|
Frekuensi dan kualitas diklat
TIK tinggi
Tersedia sumber dana yang
memadai
Tersedianya nara sumber yang
kompeten
Mendukung
|
Frekuensi dan kualitas diklat
TIK sedang
Tersedia sumber dana yang
memadai
Tersedianya nara sumber yang kompeten
Kurang mendukung
|
V
V
|
V
V
|
8. Analisis SWOT
pada sasaran : 18 sampai dengan 20
a. Pemenuhan sarana dan prasarana minimal melalui pengadaan media
pembelajaran LCD
b. Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya melalui pengadaan alat
Faximili
c. Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian melalui pengadaan
komputer ruang guru
Komponen/Fungsi dan
Faktornya
|
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan
Faktor
|
|
Siap
|
Tidak Siap
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
A. INTERNAL
|
||||
1. Kepala Sekolah
2. WAKASEK Urusan Sarana
3. Fasilitas
|
Komitmen pemenuhan standar
sarana prasarana tinggi
Komitmen pemenuhan standar
sarana prasarana tinggi
Adanya fasilitas pembuatan
program berupa komputer dan print yang siap pakai
Adanya media pembelajaran
seperti LCD lebih dari satu
|
Komitmen pemenuhan standar
sarana prasarana tinggi
Komitmen pemenuhan standar
sarana prasarana tinggi
Adanya fasilitas pembuatan
program berupa komputer dan print yang siap paka
Adanya media pembelajaran
seperti LCD belum tersedia
|
V
V
|
V
V
|
B.. EKSTERNAL
|
||||
1. Dinas Terkait
2. Sumber Dana
3. Partisifasi Masyarakat
|
Perhatian terhadap pemenuhan
sarana prasarana tinggi
Tersedia sumber dana yang
memadai
Mendukung
|
Perhatian terhadap pemenuhan
sarana prasarana sedang
Tersedia sumber dana yang belum memadai
Kurang mendukung
|
V
V
|
V
|
9. Analisis SWOT
pada sasaran : 21 sampai dengan 24
a.
Mengembangkan program sekolah
melalui pembuatan RKAS-1 dan RKAS
b.
Penyusunan Struktur organisasi sekolah beserta tupoksi
c.
Penyusunan program kerja urusan kurikulum, kesiswaan, humas dan sarana
prasarana
d.
Optimalisasi kegiatan supervisi sekolah
Komponen/Fungsi dan
Faktornya
|
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan
Faktor
|
|
Siap
|
Tidak Siap
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
10.
A. INTERNAL
|
||||
1. Kepala Sekolah
2. Wakasek dan Kaur
3. Fasilitas
4. Sumber Dana
|
Kemapuan membuat program kerja
sesuai
bidangnya tinggi
Kemampuan menyusun perangkat
supervisi tinggi
Kemapuan membuat program kerja
sesuai bidangnya tinggi
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
Tersedia sumber dana yang
memadai
|
Kemapuan membuat program kerja
sesuai bidangnya tinggi
menyusun perangkat supervisi
tinggi
Kemapuan membuat program kerja
sesuai bidangnya sedang
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
Sumber dana tidak memadai
|
V
V
V
|
V
V
|
B.EKSTERNAL
|
||||
2. Dinas Terkait
3. Sumber Dana
4. Nara Sumber
5.
Partisipasi masyarakat
|
Penyediaan Buku Petunjuk
lengkap
Tersedia sumber dana yang
memadai
Tersedia nara
sumber yang kompeten
Mendukung
|
Penyediaan Buku Petunjuk kurang
Tersedia sumber dana kurang memadai
Tersedia nara sumber yang
kompeten
Kurang mendukung
|
V
V
|
V
V
|
10.. Analisis
SWOT pada sasaran : 25 dan 26
Meningkatkan peran serta masyarakat dan
kemitraan melalui pembentukan pengurus alumni SMP N 1 Buahdua
Komponen/Fungsi dan
Faktornya
|
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan
Faktor
|
|
Siap
|
Tidak Siap
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
1. Kepala Sekolah
2. WAKASEK Humas sekolah
3. Nara Sumber
4. Fasilitas
|
Komitmen membangun mitra
sekolah tinggi
Komitmen membangun mitra
sekolah tinggi
Adanya nara sumber dari sekolah
minimal 5 orang
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
|
Komitmen membangun mitra
sekolah tinggi
Komitmen membangun mitra
sekolah rendah
Tidak Adanya nara sumber dari
sekolah
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap paka
|
V
|
V
V
V
|
11. Analisis SWOT
pada sasaran 27 sampai 28
a. Meningkatkan sumber dana pendidikan
b. Meningkatkan kemampuan bendahara sekolah dalam penggunaan, dan pengalokasian
dana serta pelaporannya
Komponen/Fungsi dan
Faktornya
|
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan
Faktor
|
|
Siap
|
Tidak Siap
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
INTERNAL
|
||||
1. Kepala Sekolah
2. WAKASEK Humas sekolah
3. Pemegang Bendahara sekolah
4. Fasilitas
|
Komitmen membangun mitra
sekolah tinggi
Komitmen membangun mitra
sekolah tinggi
Kemampuan administrasi keuangan
memadai
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
|
Komitmen membangun mitra
sekolah tinggi
Komitmen membangun mitra
sekolah rendah
Kemampuan administrasi keuangan
memadai
Adanya fasilitas komputer dan
print yang siap pakai
|
V
|
V
V
V
|
B.. EKSTERNAL
|
||||
1. Dinas Terkait
2. Sumber Dana
3. Nara Sumber
4. Partisipasi masyarakat
|
Frekuensi dan kualitas diklat
SIM dan sejenisnya tinggi
Tersedia sumber dana yang
memadai
Tersedia nara sumber yang
kompeten
Mendukung
|
Frekuensi dan kualitas diklat
SIM dan sejenisnya kurang
Tersedia sumber dana yang
memadai
Tersedia nara sumber yang
kompeten
Kurang mendukung
|
V
V
V
|
V
|
12.
Analisis SWOT pada sasaran 29 samapi dengan 39 :
a. Meningkatan frekuensi ulangan harian
b.Meningkatan pelaksanaan UTS
c. Mengembangan materi UAS
d.Mengembangan materi ulangan kenaikan kelas
e.Mengembangkan teknik-teknik penilaian kelas
f. Mengembangkan instruman ulangan harian
g.Mengembangkan instrumen ulangan kenaikan
kelas
h.Mengembangkan instrumen UTS
i. Mengembangkan
instrumen UAS
j. Mengembangkan mekanisme dan prosedur
penilaian guru
k. Mengembangkan mekanisme dan prosedur
penilaian oleh sekola
- Analisis
SWOT untuk sasaran 40 sampai dengan 47
a. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
b. Pengembangan budaya bersih:
c. Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll
(tamanisasi):
d. Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi:
e. Penciptaan budaya tata krama “in action”:
f. Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan:
g. Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan,
h. Apresiasi seni budaya
Komponen/Fungsi dan
Faktornya
|
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
|
Kondisi Nyata
|
Tingkat Kesiapan
Faktor
|
|
Siap
|
Tidak Siap
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
A. INTERNAL
|
||||
1. Kepala Sekolah
2. Guru
3. Siswa
4. Fasilitas
|
Komitmen tinggi pada
pengembangan budaya dan lingkungan sekolah
Komitmen tinggi pada
pengembangan budaya dan lingkungan sekolah
Komitmen tinggi pada
pengembangan budaya dan lingkungan sekolah
Adanya fasilitas kebersihan
yang lengkap
|
Komitmen tinggi pada
pengembangan budaya dan lingkungan sekolah
Komitmen sedang pada
pengembangan budaya dan lingkungan sekolah
Komitmen rendah pada
pengembangan budaya dan lingkungan sekolah
Adanya fasilitas kebersihan
kurang lengkap
|
V
V
|
V
V
|
B. EKSTERNAL
|
||||
1. Dinas Terkait
2. Sumber Dana
3. Partisipasi masyarakat
|
Perhatian terhadap pengembangan
budaya dan lingkungan sekolah tinggi
Tersedia sumber dana yang
memadai
Mendukung
|
Perhatian terhadap pengembangan
budaya dan lingkungan sekolah sedang
Tersedia sumber dana yang
memadai
Kurang mendukung
|
V
V
V
|
Buahdua,
1 Januari 2019
Kepala SMP Negeri 1 Buahdua
Erat
Suratmi,S.Pd.M.Pd
|
NIP.196410231987032005
|