Sabtu, 10 Agustus 2019

RKAS SMP N 1 BUAHDUA


RENCANA KERJA ANGGARAN SEKOLAH SMP NEGERI 1 BUAHDUA KABUPATEN SUMEDANG
TAHUN ANGGARAN2019/2020

A.        ANALISIS LINGKUNGAN SEKOLAH

1. Kondisi Lingkungan :
SMPN 1 Buahduamerupakan SMPTertua di wilayah Kecamatan Buahdua yang didirikan pada Thuan 1950 Memiliki Tempat Strategis untuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Siswa, Terjangkau oleh kendaraan umum dan Berada di jalan Protokol Ibu Kota kecamatan,emiliki sarana dan Prasarana olah raga ,lapamg sepak bola, lapang volli, lapang basket dan aula untuk melaksankan olahraga di dalam ruangan sepreti senam lantai dan tenis meja.
      2.   Kondisi Geogrfis :
Lokasi SMPN1 Buahdua berada di wilayah utara kabupaten Sumedangperbatasan dengan kabupaten indramayayu . Daerahnya merupakan daerah pegunungan 800 m dari permukaan air,mayoritas masyarakatnya bercocok tanam padi,selama tiga musim dalam satu tahun.

  1. Kondisi Ekonomi
Warga masyarakat sekitar sekolah adalah warga masyarakat yang tingkat perekonomiannya menengah ke bawah,   kebanyakan bermata pencaharian bertani dan buruh serabutan dengan penghasilan yangtidak menentu , namun  kesadaran terhadap pendidikaan tinggi. Menurut data rekapitulasi keluarga miskin dari kecamatan Buahdua  tahun 2018.
Jika dirinci sumber penghasilan orang tua siswa sbb :
a. Tani                                      : 66,7 %
b. Wiraswasta                           : 14,7 %
c. PNS                                      :3,4 %
a.     Karyawan Swasta               :1,3 %
b.    Buruh Bangunan                :11,0 %
c.     Pamomg Desa                    : 1,0 %
d.    TNI/POLRI                         : 0,7 %
e.    Sopir                                  :2,2 %
  1. Kondisi keamanan
Warga masyarakat masih membudayakan  siskamling, ronda setiap malam untuk menjaga keamanan, termasuk di SMP Negeri1 Buahdua juga ada 3penjaga sekolah untuk piket malam

  1. Kondisi Budaya dan Iptek.
SMPN 1 Buahdua dekat dengan masyarakat religius yang senang beribadah, Siswa perempuan20 % berbusana muslim,Guru dan stap TU 100 % sudah memakai busana Muslim  Adapun untuk kemajuan iptek di SMP N 1 Buahdua sudah  memiliki komputer  10 set, TV untuk pendidikan 2 buah,dan TV untuk Sarana informasi Guru dan TU 1 buah.

B.    ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI
     1.    Kondisi Pendidikan orangtua :
Kebanyakan orangtua dari siswa SMPN 1 Buahdua adalah tamatan SD,    
Tetapi juga ada orangtua siswa yang tamatan SMP, SLTA atau Sarjana namun jumlahnya sangat sedikit.
  1. Kondisi Pendidikan di SMPN 1 Buahdua :
SMPN 1 BuahduaDidirikan sejak Tahun 1963 Merupakan sekolah tertua di kecamatan Buahdua Tepat Nya Berada Di Desa Nagrak Kec.Buahdua Kabupaten Sumedang,
Prestasi SMP N 1 Buahduacukup baik, sebagaimana dapat dilihat pada hasil UN tahun 2014/2015 rata-rata: 6,99dan untuk kelulusannya tahun 2018/2019mencapai 100 %. Hal ini karena kerjasama yang baik dari semua warga sekolah dan  orang tua siswa, serta dukungan dari lingkungan setempat,komite sekolah dan Pemerintah. Untuk prestasi non akademik juga mulai meningkat, dengan sering menjadi juara dari tingkat Kabupaten dan Profinsi , 
Dukungan pemerintah daerah dan profinsi terhadap dunia pendidikan cukup baik. Hal ini terbukti pada tahun 2015 digulirankan Bantuan Oprasional Sekolah Kabupaten dan Profinsi serta bantuan Buku Pelajaran walaupun belum semua mata pelajaran..

C. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG (1 TAHUN KE DEPAN)

Dengan memperhatikan kondisi pendidikan     yang ada di SMP Negeri 1 Buahdua saat ini dan kondisi lingkungan yang telah diuraikan di atas, ada peluang bahwa pendidikan di SMP Negeri 1 Buahdua  untuk masa mendatang ada harapaan lebih maju .Hal ini terlihat dari bertambahnya jumlah siswa setiap tahun serta prestasi yang diraih dari tahun ke tahun meningkat terus baik prestasi akademik maupun nonakademik.
Adapun kondisi yang diinginkan oleh SMP N 1 Buahdua adalah sebagai berikut :

1.Standar Kompetensi Lulusan :
Mampu meluluskan 100 %, yang melanjutkan ke     
sekolah yang lebih tinggi meningkat, prestasi akademik dan non akademik  meningkat dapat memenangkan lomba tingkat provinsi. Lulusan SMP Negeri 1 Buahdua sesuai dengan visi sekolah

2.Standar Isi   :
          Meningkatkan KKM dari 6,75 menjadi 7,0, Pemetaan tiap mapel, KTSP, 
dan Silabus tiap mapel. Setiap guru memiliki Prota, Promes, SK Mengajar sesuai dengan jurusannya.
Dan keterampilan yang dimil;ikinya.

3.Standar Proses Pembelajaran :
Setiap guru memiliki administrasi lengkap (RPP,KKM, Prota, Promes, kalender  akademik, jadwal pelajaran, media pembelajaran, nilai, analisis nilai dan program Remidi dan Pengayaan) yang dibukukan.Disamping pembelajaran kurikuler juga terlaksananya pengembangan diri/ekstra kurikulerpada sore hari sesuai dengan bakat dan minat siswa.

4.Standar Tenaga Pendidik/Kependidikan :
Guru memiliki ijazah yang sesuai (S1) bahkan S2 dan yang belum S1 Diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan S1,,mengikuti diklat,mampu



mengoperasikan komputer/laptop. Tenaga Kependidikan minimal lulusan SMA atau sederajat dan bisa mengoperasikan komputer/laptop dan alat lainnya, serta memiliki dedikasi yang tinggi terhadap tugas dan sekolahan.

5.Standar Sarana dan Prasarana :
Sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai: R. Guru  dan TU yang memadai Ruang Kepala Sekolah yang memadai, Lab. IPA yang lengkap, R. Perpustakaan yang lengkap, mebeler yang mencukupi, listrik minimal 2300 W. R. Komputer ( untuk anak 15,Untuk TU 2, untuk guru 1,dan Kepala Sekolah 1 laptop. , sarana seni dan olahraga yang lengkap lengkap. Saluran air bersih yanglancar, penghijauan di lapangan upacara dan depan dan belakang sekolah serta sekitar kelas agar terasa sejukdan tidak panas diwaktu musim kemarau.

6.Standar Pengelola/manajemen Sekolah :
SMP Negeri 1 Buahdua  telah terakreditasi dengan nilaiA ,memiliki RKAS-1 dan RKAS-2,
Dokumentasi kegiatan sekolah, struktur Organisasi sekolah dan Peta Jabatan serta mekanisme kerjanya, Perangkat dan pelaksanaan Supervisi , Kerjasama dengan masyarakat ( SK Komite Sekolah, Program kerja komite sekolah).

7.Standar Pembiayaan :
Pengelolaan dana BOS, , Dana komite sekolah dan dana lain yang transparan dan akuntabel.

8.Standar Penilaian :
Setiap guru dapat membuat kisi-kisi dan soal ulangan harian, ulangan tengah semester,ulangan
akhir semesteran, ujian sekolah. Setiap guru dapat membuat analisis Penilaian  hasil ulangan dan butir soal, setiap guru dapat membuat  dan melaksakan progran remidi dan pengayaan.




D.       IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU (1) TAHUN
Berdasarkan pada analisis situasi, baik internal maupun eksternal sekolah, dan analisis kondisi sekolah sekarang dan yang diharapkan masa datang (Satu tahun ke depan), maka dapat diketahui kesenjangan yang terjadi.

No.


Kondisi pendidikan saat ini
Kondisi pendidikan masa datang 
 (1 tahun)
Besarnya tantangan nyata
1.
Standar Kompetensi Lulusan
Standar Kompetensi Lulusan

A
Bidang akademik:











-          Rata2 pencapaian KKM semua mapel 6,75
-          Rata2pencapaian NUN 6,99
-          Tidak masuk pinalis LCTM Tk Kabupaten
-  Masuk juara 3 Story Teling
      Bahasa Inggris Tk. Kab.
-          OSN Matematika Juara 3
-          OSN IPA dan IPS belum masuk10 Besar
-          Rata2 pencapaian KKM semua mapel 7,00
-          Rata2pencapaian NUN 7,00
-           Masuk pinalis
-           
-          Memperoleh juara 2  Story Teling
-          Masuk Juara 2
-          Masuk 10 Besar
0,25

0,01
1 tingkat


1 tingkat

1 tingkat
B
Bidang non akademik:



-          Perolehan juara 3 MTQ pada tk Wilayah 1
-          Perolehan juara umum PMR ti
ngkat kab/kota.
-          Perolehahan juara 3 Putri Pencak silat Tk . Kab.
-          Perolehan juara Putra Pencak silat Tk. Kab..Belum Masuk
-          Perolehan juara 3 Pidato dan juara 3 Baca Puisi Bahasa Sunda Tk. Kab.
-          Menjadi utusan JUMBARA  PMR Tk. Jawa Barat
-          Tidak Memperoleh juara Bola Poli Putri Tk. Kab.
-          Tidak memperoleh kejuaraan Bola voli Putra Tk. Kab.
-          Perolehan juara 1 MTQ pada tk Wilayah 1
-          Perolehan juara 1 PMR  pada tk provinsi.
-          Perolehan juara 2 Putri Pencak Silat Tk. Kab.
-          Perolehan juara Putra Pencak silat Tk. Kab.
-          Perolehan juara 2 Pidato dan juara 2 baca puisi Bahasa Sunda Tk. Kab.
-          Menjadi utusan JUMBARA PMR Tk. Nasional
-          Memperoleh juara Bola Poli Putri Tk. Kab.

-          Perolehan juara putra Tk. Kab

1 tingkat

1 tingkat

 1 tingkat

 1 Tingkat

 1 Tingkat


 1 Tingkat

 1 Tingkat


 1 Tingkat
c
Kelulusan:



-          Jumlah kelulusan  100%
-          Jumlah kelulusan 100%
Tetap
D
Melanjutkan studi:



-          Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 60%
-     Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 70 %


10%
2
Standar Isi
Standar Isi

a
Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):



Tersusun Buku KTSP 100%
Tersusun  Buku KTSP 100%
-
b
Silabus:
Silabus:


-       Tersusun silabus semua mapel semua kelas
-       Tersusun silabus semua mapel semua kelas 
-
c
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):



-          Tersusun RPP : 100 % dari semua mapel semua kelas
-          Tersusun RPP : 100% dari semua mapel semua kelas
-

3.
Standar Proses
Standar Proses

a
Persiapan pembelajaran:
Persiapan pembelajaran:


-          Kepemilikan silabus oleh guru: 100 % memiliki
-          Kepemilikan RPP oleh guru: 80 % memiliki
-          Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 80 %
-          Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 50%
-          Kepemilikan silabus oleh guru: 100% memiliki
-          Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki
-          Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 100%
-          Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 100%
-

-

20%



b
Persyaratan Pembelajaran



-          Jumlah siswa per rombel:36 anak 18 rombel
-          Beban mengajar guru: 20jam/minggu
-          Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 2:1


-          Pengelolaan kelas: 75%
-          Jumlah siswa per rombel: 38 anak 18 rombel
-          Beban mengajar guru: 24 jam/minggu
-          Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 1:1


-          Pengelolaan kelas: 85%
Penambahan 2 siswa/ rombel penambahan 1 rombel
Penambahan 4 jam /minggu
Penambahan 1 buku /siswa
5%
c
Pelaksanaan pembelajaran:
Pelaksanaan pembelajaran:


-          Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas : 80 %
-          Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratif, dan konformatif: 25%
-          Penerapan CTL: 40%
-          Penerapan pembelajaran tuntas: 60 %
-          Penerapan PAIKEM GEMBROT/PAKEM: 50%
-          Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 25%
-          Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 80%
-          Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 85%
-          Cakupan penerapan prin sip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratif, dan konformatif: 40%
-          Penerapan CTL: 55%
-          Penerapan pembelajaran tuntas: 70%
-          PenerapanPAIKEM GEMBROT /PAKEM: 60%
-          Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 50%
-          Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 85%
5 %


15 %

15 %

10 %

10 %


25 %


5%
d
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:


-          Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 80%
-          Variasi model penilaian: 1 model
-          Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual

-          Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 1 manfaat
-    Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 85%
-          Variasi model penilaian: 2 model
-          Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual dan 1 jenis berbasis TIK
-          Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 2 manfaat
5%

1 model

1 jenis ber basis TIK

1 kemanfaatan/tindak lanjut
e
Pengawasan proses pembelajaran:
Pengawasan proses pembelajaran:


-          Cakupan kegiatan peman tauan pembelajaran: 60%

-          Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 80 %
-          Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 80%
-          Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 80%
-          Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 80%
-          Cakupan kegiatan peman- tauan pembelajaran: 70%

-          Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 85%
-          Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 85%
-          Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 85%
-          Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 85%
10 %


5 %

5 %

5 %


5%
4
StandarTenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
StandarTenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:

a
Kepala sekolah:




-          Diklat Teknis Kepala SekolahTk. Nasional 2 X
-          Belum Pelatihan Kepegawaian baggi tenaga TU
-          Pelatihan Perpajakan 1 x
-          Lesson Study baru 2 mapel

-          Pelatihan manajerial sekolah (MBS) 1 kali
-          Belum pelatihan kewirausahaan
-          Pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah 1 kali
-          Pelatihan administrasi persekolahan 1 kali
-          Pelatihan KTSP 1 kali
-          Minimal 2 X

-          Minimal 1 X


-          Tiap tahun 1 X
-          4 Mata Pelajaran yang di= UN-kan
-          Minimal 2 X

-          pelatihan kewirausahaan min. 1 kali
-          pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah min. 2 kali
-          pelatihan administrasi persekolahan min. 2 kali
-          Pelatihan KTSP min 2 kali
Periodik

1 kali


periodik
2MAPEL

1 kali

1 kali

1 kali


1 kali

1 Kali

B
Guru: (bersifat rata-rata)
Guru: (bersifat rata-rata)


-          Jumlah guru keseluruhan:  28 orang
-          Jumlah guru TIK: - orang
-          Jumlah guru PLH; - 0rang
-          Pelatihan CTL: 40 %
-          Pelatihan Lesson Stdy ;0,21 %
-          Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 80%
-          Pelatihan TIK: 29%
-          Pelatihan KTSP: 39 %
-          Pelatihan PAIKEM/PAKEM: 20%
-          Jumlah guru S1/D4: 100 %
-          Jumlah guru bersertifikasi profesi: 58%
-          Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop: 30 %

-          Jumlah guru keseluruhan sesuai kebutuhan : 27
-          Jumlah guru TIK: 2 orang
-          Jumlah guru PLH : 2 orang
-          Pelatihan CTL :50 %
-          Pelatihan Lesson Stdy :40 %

Pelatihan Penilaian dan evaluasi pembelajaran :100%
-          Pelatihan TIK: 50%
-          Pelatihan KTSP: 50%
-          Pelatihan PAIKEM/PAKEM: 40%
-          Jumlah guru S1/D4: 100%
-          Jumlah guru bersertifikasi profesi: 70 %
-          Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop: 47%
-          Diklat Lesson Study:29,41 %
Pengurangan1orang

Penambahan2
Penambahan239,79%

20 %

50 %
21 %
11%

-
3 %

17%


c
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan, dll: (bersifat rata-rata)
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan, dll: (bersifat rata-rata)


-          Jumlah tenaga TU: 8 orang
-          Pelatihan TIK: -%
-          Pelatihan bahasa Inggris : - %
-          Pelatihan bidangnya: 60%
-          Pelatihan manajemen sesuai bidangnya:60%

-          Petugas Lab. IPA: 1 orang
-          Petugas Perpustakaan 1 orang
-          Jumlah tenaga TU: 10orang
-          Pelatihan TIK: 100%
-          Pelatihan bahasa Inggris: 10%
-          Pelatihan bidangnya: 70%
-          Pelatihan manajemen sesuai bidangnya: 70%
-          Jumlah laboran IPA: 1 orang
-          Pustakawan 1 orang
2 orang
100%
10%

10%
10%
1 orang
1 orang
5
Standar Sarana dan Prasarana
Standar Sarana dan Prasarana

a
Sarana dan Prasarana Minimal
Sarana dan Prasarana Minimal


-          Ruang kepala sekolah: 12 m2

-          Ruang wakil KS belum ada

-          Mebeler ( meja / kursi ) siswalayak pakai 60%

-          Ruang Lab. IPA: 1 buah

-          Ruang guru: tidak standar (< 4m2 / guru)

-          Gudang: tidak ada

-          Ruang UKS  tidak standar


-          Ruang BP tidak Standar
-          Ruang kepala sekolah: min. 12 m2
-          Ruang wakil KS ada dan sesuai staandar
-          Mebeler ( meja / kursi ) siswa layak pakai 80 %

-          Ruang Lab. IPA: 1 buah

-          Ruang guru:  standar (< 4m2 / guru)

-          Gudang:  ada

-          Ruang UKS : standar


-          Ruang BP standar
Terbangun R. KS standar

Terbangun R WK KS

Pengadaan mebeler siswa 20%



Terbangu
n R. Gr.guru standar
Terbangun 1 gudang

Rehab dan melengkapi R UKS.

Rehab dan    melengkapi
 R. BP
B
Sarana dan Prasarana Lainnya
Sarana dan Prasarana Lainnya



-          Ruang Lab. Komputer  1 buah

-          Belum Lengkap peralatan  Ruang Multi Media

-           Tempat parkir belum layak



-          WC siswa kurang

-          Ruang Lab. Komputer 1 buah

-    Melengkapi peralatan Ruang Multi Media

-          Tempat parkir yang layak



-          WC siswa yang mencukupi

Terbangun 1 R Lab Komputer
Ruang Multi Media yang Lengkap
Tersedia Tempat parkiryang layak

WC yg cukup
c
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian


-          Daya listrik rendah (2300W)
-          Komputer Guru -
-          Komputer TU 2 buah
-          Komputer perpustakaan belum ada
-          Jaringan internet  belum ada



-          Sarana olah raga 50%
Daya listrik ³3200W
-          Komputer Guru: 2 buah
-          Komputer TU  3 buah
-          Komputer perpustakaan 1 buah
-          Pemasangan Jaringan internet


-          Sarana olah raga 62,5%
900W
2 buah
1 buah

1  buah

1 buah

12,5 %
6.
Standar Pengelolaan
Standar  Pengelolaan

a
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:


-          Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): 80%
-          Dokumen PSB: 90%
-          Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 80%
-          Dokumen tata tertib sekolah: 80%
-          Dokumen kode etik sekolah belum ada

-          Dokumen penugasan guru: 80%
-          Dokumen administrasi sekolah lainnya: 80%

-          Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): 85%
-          Dokumen PSB: 92,5%
-          Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 85%
-          Dokumen tata tertib sekolah: 85%
-          Dokumen kode etik sekolah lengkap

-          Dokumen penugasan guru: 85%
-          Dokumen administrasi sekolah lainnya: 85%
5%

2,5%
5%

5%

Membuat dokumen kode etik sekolah

5%

5%
b
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:


-          Struktur organisasi: 90 % lengkap
-          Dokumen pembagian tugas/ kewenangan/tupoksi: 90%
-          Dokumen mekanisme fungsi/ tugas organisasi: 80%
-          Struktur organisasi: 92,5% lengkap
-          Dokumen pembagian tugas/ kewenangan/tupoksi: 92,5%
-          Dokumen mekanisme fungsi/ tugas organisasi: 85%
2,5 %

2,5%

5%

c
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi:


-          Tim khusus 90  %
-          Instrumen suvervisi 90 %

-          Instrumen monitoring 60 %

-          Instrumen evaluasi 80 %
-          Instrumen akreditasi 80 %

-          Pelaporan supervisi 80 %

-          Pelaporan monitoring 60 %

-          Pelaporan evaluasi 80 %
-          Pelaporan akreditasi internal
80 %
-          Pendokumentasian : 80 %
-          Tindak lanjut: 80%
-          Ada tim khusus: 92,5%
-          Ada instrumen supervisi: 92,5%
-          Ada instrumen monitoring: 70%
-          Ada instrumen evaluasi: 85%
-          Ada instrumen akreditasi: 85%
-          Ada pelaporan supervisi: 85%
-          Ada pelaporan monitoring: 70%

-          Ada pelaporan evaluasi: 85%
-          Ada pelaporan akreditasi internal: 85%
-          Pendokumentasian : 85%
-          Tindak lanjut: 85%
2,5 %
2,5 %

10 %

5 %
5 %

5 %

10 %

5 %
5 %

5 %
5 %
d
Kemitraan dan peranserta masyarakat:
Kemitraan dan peranserta masyarakat:


-          Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 90%
-          Dokumen program kerja komite sekolah: 80%
-          Kepengurusan komite sekolah: 80% lengkap
-          Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 1instansi
-          Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswatidak ada
-          Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 92,5%
-          Dokumen program kerja komite sekolah: 85%
-          Kepengurusan komite sekolah: 85% lengkap
-          Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 2 instansi
-          Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa 5.000 rupiah/bulan/siswa
2,5%

5%

5%

1 instansi

5.000,- rupiah/ bulan / siswa












7.
StandarKeuangan dan Pembiayaan
StandarKeuangan dan Pembiayaan

a
Sumber dana: 1 buah
Sumber dana: minimal 2 buah
Minimal 1
b
Pengalokasian dana: 4 SNP
Pengalikasian dana: minimal 8 SNP
4 atau lebih
c
Penggunaandana:90 % benar
Penggunaan dana: 92,5% benar
2,5 %
d
Pelaporan penggunaan dana: 90 %
Pelaporan penggunaan dana: 92,5%
2,5 %
e
Dokumen pendukung pelaporan: 80%
Dokumen pendukung pelaporan: 85%
5 %
f
Dll
Dll





8.
Standar  Penilaian Pendidikan:
Standar  Penilaian Pendidikan:

a
Frekuensi ulangan harian oleh guru: 80 %
Frekuensi ulangan harian oleh guru: 85%
5 %
b
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 80 %
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 85%
5 %




C
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 80%
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 85%
5 %
D
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 80%
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 85%
5 %
E
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 80%
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 85%
5 %
F
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 80%
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 85%
5 %
G
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 80%
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 85%
5 %
H
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas: 80%
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas: 85%
5 %
J
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 80% terpenuhi
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 90%  terpenuhi
10 %
K
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 80% terpenuhi
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 85% terpenuhi
5 %
9
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:

A
Pengembangan budaya bersih: 40%
Pengembangan budaya bersih: 65%
25%
b
Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi): 50 %
Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi): 65%
15 %
c
Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi: 80%
Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi: 85%
5%
d
Penciptaan budaya tata krama “in action”: 80%
Penciptaan budaya tata krama “in action”: 85%
5%
e
Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan: 1 lembaga
Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan: 2 lembaga
1 lembaga
f
Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll: 1 lomba
Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll: 2 lomba
1 jenis lomba

E.    TUJUAN SITUASIONAL/SASARAN
Tujuan :
1.    Meningkatkan Rata2 pencapaian KKM semua mapel
2.    Meningkatkan Rata2pencapaian nilai UN
3.    Meningkatkan Rerata Nilai Ujian Sekolah
4.    Mencapai kejuaraan bidang akademik melalui bimbingan Olimpiade Sains dan Bahasa Inggris
5.    Mencapai kejuaraan bidang non akademik melalui bimbingan lomba bidang keagamaan
6.    Meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi
7.    Menyusun Buku KTSP
8.    Menyusun silabus semua  mapel  sesuai kondisi sekolah seluruh kelas
9.    Menyusun RPP semua  mapel  sesuai kondisi sekolah seluruh kelas
10.  MelengkapiKepemilikan sumber belajar/bahan ajar:
11.  Menyempurnakan Penerapan CTL melalui workshop CTL:
12.  Mengirimkan guru mengikuti pelatihan/workshop CTL dan sejenisnya
13.  Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar
14.  Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran:
15.  Meningkatkan kemampuan managerial bagi kepala sekolah, kepala urusan dan penanggungjawab laboratorium melalui pelatihan
16.  Meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan pembelaaran berbasis TIK
17.  Meningkatkan kompetensi tata usaha melalui pelatihan komputer
18.  Pemenuhan sarana dan prasarana minimal melalui pengadaan media pembelajaran LCD
19.  Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya melalui pengadaan alat Faximili
20.  Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian melalui pengadaan komputer ruang guru
21.  Mengembangkan program sekolah  melalui pembuatan RKAS-1 dan RKAS
22.  Penyusunan Struktur organisasi sekolah beserta tupoksi
23.  Penyusunan program kerja urusan kurikulum, kesiswaan, humas dan sarana prasarana
24.  Optimalisasi kegiatan supervisi sekolah
25.  Meningkatkan peran serta masyarakat dan kemitraan melalui pembentukan pengurus alumni SMP N 1 Buahdua
     26. Meningkatkan sumber dana pendidikan
27.  Meningkatkan kemampuan bendahara sekolah dalam penggunaan, dan pengalokasian dana serta pelaporannya
28.  Meningkatan frekuensi ulangan harian
29.  Meningkatan pelaksanaan UTS
30.  Mengembangan materi UAS
31.  Mengembangan materi ulangan kenaikan kelas
32.  Mengembangkan teknik-teknik penilaian kelas
33.  Mengembangkan instruman ulangan harian
34.  Mengembangkan instrumen ulangan kenaikan kelas
35.  Mengembangkan instrumen UTS
36.  Mengembangkan instrumen UAS
37.  Mengembangkan mekanisme dan prosedur penilaian guru
38.  Mengembangkan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
39.  Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah
40.  Pengembangan budaya bersih:
41.  Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi):
42.  Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi:
43.  Penciptaan budaya tata krama “in action”:
44.  Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan:
45.  Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan,
46.  Apresiasi seni budaya

F.        IDENTIFIKASI URUSAN-URUSAN SEKOLAH DALAM MENCAPAI SETIAP SASARAN
Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut:
1.    Internal:
a.     Kepala sekolah
b.    Guru
c.     Nara sumber
d.    Fasilitas komputer
e.    Kurikulum
f.     Dana
g.    ATK
h.    Tenaga administrasi


2.    Eksternal:
a.     Dana
b.    Komite sekolah
c.     Dinas pendidikan
d.    Instansi terkait
e.    Alumni








G.   ANALISIS  SWOT
1.       Analisis SWOT pada Sasaran ke-1 sampai dengan sasaran 3
a.     Meningkatkan Rata2 pencapaian KKM semua mapel
b.    Meningkatkan Rata2pencapaian NUN
c.     Meningkatkan Rerata Nilai Ujian Sekolah
Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan (Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
A. INTERNAL




1.   Kepala Sekolah









2.   Guru














3.   Fasilitas
Komitmen tinggi pada peningkatan proses belajar

Komitmen tinggi pada peningkatan hasil belajar
Komitmen tinggi pada peningkatan mutu

Kualifikasi 100% S1
Sesuai bidang studi 100%

Pengalaman pelatihan CTL min.3 kali

Pengalaman mengajar min. 5 thn

Guru yang mengajar dengan pendekatan CTL 100%


Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai
Komitmen tinggi pada peningkatan proses belajar

Komitmen tinggi pada peningkatan hasil belajar
Komitmen tinggi pada peningkt mutu

Kualifikasi 100% S1
Sesuai bidang studi 85%

Pengalaman pelatihan CTL min.3 kali
Pengalaman mengajar min. 5 thn

Guru yang mengajar dengan pendekatan CTL 25%

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai

V



V


V

V






V







V


















V





V






B.    EKSTERNAL




1.   Dinas Terkait




2.   Sumber Dana




3.   Partisipasi masyarakat
Frekuensi dan kualitas diklat peningkatan mutu guru  tinggi


Tersedia sumber dana yang memadai



Mendukung
Frekuensi dan kualitas diklat peningkatan mutu guru sedang

BelumTersedia sumber dana yang memadai


Kurang mendukung
V









V






V

2.       Analisis SWOT pada sasaran 4 : Mencapai kejuaraan bidang akademik melalui bimbingan Olimpiade Sains dan Bahasa Inggris
Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan (Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
A.    INTERNAL




1.      Kepala Sekolah



2.      Guru Pembimbing



3.      Fasilitas




4.      Bahan Bimbingan
Komitmen tinggi pada peningkatan prestasi akademik

Memiliki kompetensi memadai sesuai bidangnya

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai


Bahan bimbingan  lengkap
Komitmen tinggi pada peningkatan prestasi akademik

Memiliki kompetensi memadai sesuai bidangnya

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai


Bahan bimbingan sedang

V


V



V




V



















B.    EKSTERNAL




1.   Dinas Terkait





2.   Sumber Dana




3.   Partisipasi masyarakat
Frekuensi dan kualitas lomba berkala dan kontinyu
Tersedia sumber dana yang memadai

Mendukung
Frekuensi dan kualitas lomba berkala dan kontinyu



 Belum
Tersedia sumber dana yang memadai


Kurang mendukung
V





V




V


3.       Analisis SWOT pada sasaran 5 : Mencapai kejuaraan bidang non akademik melalui bimbingan lomba bidang keagamaan
Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan (Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
A.    INTERNAL




1.   Kepala Sekolah




2.   Guru Pembimbing



3.   Fasilitas





4.   Bahan Bimbingan
Komitmen tinggi pada peningkatan prestasi non akademik

Memiliki kompetensi memadai sesuai bidangnya

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai



Bahan bimbingan  lengkap
Komitmen tinggi pada peningkatan prestasi non akademik


Memiliki kompetensi memadai sesuai bidangnya

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai



Bahan bimbingan sedang


V




V




V



V



















B.    EKSTERNAL




1.   Dinas Terkait




2.   Sumber Dana



3.   Partisipasi masyarakat
Frekuensi dan kualitas lomba berkala dan kontinyu


Tersedia sumber dana yang memadai


Mendukung
Frekuensi dan kualitas lomba berkala dan kontinyu


BelumTersedia sumber dana yang memadai


Kurang mendukung
V




V



V


  1. Analisis SWOT pada sasaran 6 : Meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi
Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan (Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
A.    INTERNAL




1.   Kepala Sekolah


2.   Guru Bimbingan

3.   Siswa




      4.Fasilitas




4.     

Fasilitas

SiFasilitas
Komitmen tinggi pada peningkatan out come lulusan
Kualifikasi 100% S1

Komitmen tinggi pada peningkatan out come lulusan
Motivasi tinggi

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai
Komitmen tinggi pada peningkatan out come lulusan
Kualifikasi 100% S1

Komitmen tinggi pada peningkatan out come lulusan
Motivasi sedang

Adanya fasilitas komputer tetapi print belum siap pakai

V

V

V



V



V

EKSTERNAL




1.   Dinas Terkait



2.   Sumber Dana



3.   Partisipasi masyarakat
Penyediaan sekolah sesuai
kebutuhan

Tersedia sumber dana yang memadai


Mendukung
Penyediaan sekolah sesuai kebutuhan


Tersedia sumber dana tetepi belum memadai Kurang

mendukung
V




V


V


  1. Analisis SWOT pada sasaran : 7 sampai dengan 9 :
a.      Menyusun Buku KTSP
b.      Menyusun silabus semua  mapel  sesuai kondisi sekolah seluruh kelas
c.      Menyusun RPP semua  mapel  sesuai kondisi sekolah seluruh kelas
Komponen/Fungsi  dan Faktornya
Kriteria Kesiapan
(Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(4)

(5)
A.    INTERNAL




1.    Guru













2.    Nara Sumber



3.    Fasilitas


Terlibat dalam penyusunan KTSP :100%

Memahami KTSP : 100%
Melaksanakan KTSP : 100%

Pengalaman Diklat/Workshop penyusunan KTSP minimal 3 kali

Adanya narasumber dari sekolah minimal 5 orang.
Adanya fasilitas computer lengkap dan ATK
Terlibat dalam penyusunan KTSP: 45%

Memahami KTSP : 60%
Melaksanakan KTSP : 60%

Pengalaman Diklat/Workshop penyusunan KTSP: 1kali

Narasumber di sekolah hanya 1 orang

Adanya fasilitas computer lengkap dan ATK




V

V











V
V









V



V
B.    EKSTERNAL




1.    Dinas terkait



2.    Dana
Frekuensi dan kualitas diklat penyusunan KTSP tinggi
Tersedia sumber dana
Frekuensi dan kualitas diklat penyusunan KTSP sedang

Tersedia sumber dana





V
V

  1.  Analisis SWOT pada sasaran 10 sampai 14
a.      MelengkapiKepemilikan sumber belajar/bahan ajar
b.      Menyempurnakan Penerapan CTL melalui workshop CTL:
c.      Mengirimkan guru mengikuti pelatihan/workshop CTL dan sejenisnya
d.      Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar
e.      Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran

Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan (Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
A. INTERNAL




1.   Guru
















2.   Nara Sumber






3.   Fasilitas
Kualifikasi 100% S1

Sesuai bidang studi 100%

Pengalaman pelatihan CTL min.3 kali

Pengalaman mengajar min. 5 thn

Guru yang mengajar dengan pendekatan CTL 100%

Adanya nara sumber dari sekolah minimal 5 orang

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai

Fasilitas sumber belajar lengkap 100 %
Kualifikasi 87% S1

Sesuai bidang studi 85%

Pengalaman pelatihan CTL min.3 kali


Pengalaman mengajar min. 5 thn

Guru yang mengajar dengan pendekatan CTL 25%

Adanya nara sumber dari sekolah hanya 1 orang

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai

Fasilitas sumber belajar lengkap 65%
V


V


V



V









V
















V


V







V
B.     EKSTERNAL




1.   Dinas Terkait




2.   Sumber Dana



3.   Nara Sumber



4.   Partisipasi masyarakat
Frekuensi dan kualitas diklat peningkatan mutu guru  tinggi

Tersedia sumber dana yang memadai


Tersedia nara
sumber yang kompeten
Mendukung
Frekuensi dan kualitas diklat peningkatan mutu guru sedang


Belum Tersedia sumber dana yang memadai


Tersedia nara sumber yang kompeten
Kurang mendukung

V



V




V


  1. Analisis SWOT pada sasaran 15 sampai dengan 17
a.      Meningkatkan kemampuan managerial bagi kepala sekolah, kepala urusan dan penanggungjawab laboratorium melalui pelatihan
b.      Meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan pembelaaran berbasis TIK
c.      Meningkatkan kompetensi tata usaha melalui pelatihan komputer
Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan (Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
A.    INTERNAL




1.   Kepala Sekolah, Guru dan TU





2.   Nara Sumber







3.   Fasilitas
Kualifikasi 100% S1


Pengalaman pelatihan TIK min.3 kali

Adanya nara sumber dari sekolah minimal 5 orang

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai
Kualifikasi 87% S1


Pengalaman pelatihan TIKmin.1 kali


Adanya nara sumber dari sekolah tidak ada


Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai
V

















V




V


V
B.    EKSTERNAL




1.   Dinas Terkait



2.   Sumber Dana


3.   Nara Sumber



4.   Partisipasi masyarakat
Frekuensi dan kualitas diklat TIK  tinggi

Tersedia sumber dana yang memadai

Tersedianya nara sumber yang kompeten

Mendukung







Frekuensi dan kualitas diklat TIK sedang


Tersedia sumber dana yang memadai

Tersedianya nara sumber yang kompeten

Kurang mendukung





V


V



V










V


8.    Analisis SWOT pada sasaran : 18 sampai dengan 20
a.      Pemenuhan sarana dan prasarana minimal melalui pengadaan media pembelajaran LCD
b.      Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya melalui pengadaan alat Faximili
c.      Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian melalui pengadaan komputer ruang guru
Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan (Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
A.    INTERNAL




1.   Kepala Sekolah




2.   WAKASEK Urusan Sarana




3.   Fasilitas
Komitmen pemenuhan standar sarana prasarana tinggi

Komitmen pemenuhan standar sarana prasarana tinggi

Adanya fasilitas pembuatan program berupa komputer dan print yang siap pakai

Adanya media pembelajaran seperti  LCD lebih dari satu
Komitmen pemenuhan standar sarana prasarana tinggi


Komitmen pemenuhan standar sarana prasarana tinggi


Adanya fasilitas pembuatan program berupa komputer dan print yang siap paka


Adanya media pembelajaran seperti  LCD belum tersedia
V




V




















V






V
B.. EKSTERNAL




1.   Dinas Terkait



2. Sumber Dana


3. Partisifasi Masyarakat
Perhatian terhadap pemenuhan sarana prasarana tinggi

Tersedia sumber dana yang memadai

Mendukung
Perhatian terhadap pemenuhan sarana prasarana sedang

Tersedia sumber dana yang  belum memadai

Kurang mendukung
V



V











V

9.    Analisis SWOT pada sasaran : 21 sampai dengan 24
a.      Mengembangkan program sekolah  melalui pembuatan RKAS-1 dan RKAS
b.      Penyusunan Struktur organisasi sekolah beserta tupoksi
c.      Penyusunan program kerja urusan kurikulum, kesiswaan, humas dan sarana prasarana
d.      Optimalisasi kegiatan supervisi sekolah
Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan (Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
10.                                A. INTERNAL




1.   Kepala Sekolah









2.   Wakasek dan Kaur



3.   Fasilitas


4.   Sumber Dana

Kemapuan membuat program kerja sesuai
bidangnya tinggi

Kemampuan menyusun perangkat supervisi tinggi

Kemapuan membuat program kerja sesuai bidangnya tinggi
Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai
Tersedia sumber dana yang memadai
Kemapuan membuat program kerja sesuai bidangnya tinggi


menyusun perangkat supervisi tinggi



Kemapuan membuat program kerja sesuai bidangnya sedang

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai
Sumber dana tidak memadai
V




V




V



















V


V

B.EKSTERNAL




2.   Dinas Terkait

3.   Sumber Dana

4.   Nara Sumber


5.   Partisipasi masyarakat
Penyediaan Buku Petunjuk lengkap
Tersedia sumber dana yang memadai
Tersedia nara sumber yang kompeten

Mendukung
Penyediaan Buku Petunjuk kurang
Tersedia sumber dana kurang memadai
Tersedia nara sumber yang kompeten

Kurang mendukung



V

V





V






V


10.. Analisis SWOT pada sasaran : 25 dan 26
Meningkatkan peran serta masyarakat dan kemitraan melalui pembentukan pengurus alumni SMP N 1 Buahdua

Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan (Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)





1.   Kepala Sekolah


2.   WAKASEK Humas sekolah



3.   Nara Sumber



4.   Fasilitas


Komitmen membangun mitra sekolah tinggi
Komitmen membangun mitra sekolah tinggi

Adanya nara sumber dari sekolah minimal 5 orang

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai

Komitmen membangun mitra sekolah tinggi
Komitmen membangun mitra sekolah rendah

Tidak Adanya nara sumber dari sekolah


Adanya fasilitas komputer dan print yang siap paka
V

















V



V



V



















11.  Analisis SWOT pada sasaran 27 sampai 28
a.   Meningkatkan sumber dana pendidikan
b.   Meningkatkan kemampuan bendahara sekolah dalam penggunaan, dan pengalokasian dana serta pelaporannya
Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan (Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
INTERNAL




1.   Kepala Sekolah



2.   WAKASEK Humas sekolah



3.   Pemegang Bendahara sekolah



4.   Fasilitas
Komitmen membangun mitra sekolah tinggi

Komitmen membangun mitra sekolah tinggi

Kemampuan administrasi keuangan memadai

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai
Komitmen membangun mitra sekolah tinggi

Komitmen membangun mitra sekolah rendah

Kemampuan administrasi keuangan memadai

Adanya fasilitas komputer dan print yang siap pakai
V




















V


V



V
B.. EKSTERNAL




1.      Dinas Terkait




2.      Sumber Dana


3.      Nara Sumber



4.      Partisipasi masyarakat
Frekuensi dan kualitas diklat SIM dan sejenisnya  tinggi

Tersedia sumber dana yang memadai

Tersedia nara sumber yang kompeten

Mendukung
Frekuensi dan kualitas diklat SIM dan sejenisnya  kurang

Tersedia sumber dana yang memadai

Tersedia nara sumber yang kompeten


Kurang mendukung





V


V



V
V

12.          Analisis SWOT pada sasaran 29 samapi dengan 39 :
a. Meningkatan frekuensi ulangan harian
b.Meningkatan pelaksanaan UTS
c. Mengembangan materi UAS
d.Mengembangan materi ulangan kenaikan kelas
e.Mengembangkan teknik-teknik penilaian kelas
f. Mengembangkan instruman ulangan harian
g.Mengembangkan instrumen ulangan kenaikan kelas
h.Mengembangkan instrumen UTS
i.  Mengembangkan instrumen UAS
j.  Mengembangkan mekanisme dan prosedur penilaian guru
k. Mengembangkan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekola


  1. Analisis SWOT untuk sasaran 40 sampai dengan 47
a.    Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
b.    Pengembangan budaya bersih:
c.     Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi):
d.    Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi:
e.    Penciptaan budaya tata krama “in action”:
f.     Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan:
g.    Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan,
h.    Apresiasi seni budaya
Komponen/Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan (Kondisi Ideal)
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
Tidak Siap
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
A.    INTERNAL




1.   Kepala Sekolah





2.   Guru






3.   Siswa






4.   Fasilitas
Komitmen tinggi pada pengembangan budaya dan lingkungan sekolah

Komitmen tinggi pada pengembangan budaya dan lingkungan sekolah

Komitmen tinggi pada pengembangan budaya dan lingkungan sekolah

Adanya fasilitas kebersihan yang lengkap
Komitmen tinggi pada pengembangan budaya dan lingkungan sekolah

Komitmen sedang pada pengembangan budaya dan lingkungan sekolah

Komitmen rendah pada pengembangan budaya dan lingkungan sekolah

Adanya fasilitas kebersihan kurang lengkap
V





V






















V






V


B.    EKSTERNAL




1.   Dinas Terkait





2.   Sumber Dana



3.   Partisipasi masyarakat
Perhatian terhadap pengembangan budaya dan lingkungan sekolah tinggi

Tersedia sumber dana yang memadai

Mendukung
Perhatian terhadap pengembangan budaya dan lingkungan sekolah  sedang

Tersedia sumber dana yang memadai

Kurang mendukung
V






V



V



     Buahdua,    1 Januari 2019
  Kepala SMP Negeri 1 Buahdua


Erat Suratmi,S.Pd.M.Pd
NIP.196410231987032005




  © Blogger templates 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP